4 Langkah Mudah Merawat Lampu HRV LED Agar Lebih Tahan Lama (1 Viewer)

Users Who Are Viewing This Thread (Users: 0, Guests: 1)

tania

New member
Mobil keluaran Honda dengan jenis crossover sudah diperkenalkan setidaknya adalah pada tahun 2015 lalu dan senantiasa mendapatkan upgrade atau pembaharuan. Untuk membuat konsumennya tidak bosan dengan produk keluarannya tersebut. Bahkan salah satu fiture unggulan yang dulunya mereka perkenalkan adalah pada seri lampu HRV tersebut. Yaitu sebuah lampu LED dengan keberadaan panel speedometer yang bisa diubah warnanya, sehingga tampak jauh lebih keren. Pada cincin speedometer dari lampu tersebut sendiri memang dibekali setidaknya dengan 7 buah warna berbeda.

Bahkan banyak diantara penggunanya yang tidak segan-segan untuk melakukan modifikasi pada produk lampu kendaraan tersebut, agar tampilannya menjadi jauh lebih gahar dibandingkan dengan sebelumnya. Modifikasi pada bagian lampu ini banyak dipilih oleh mereka yang suka oprek kendaraan. Apalagi jika memang seandainya lampu LED ini telah mengalami kerusakan, maka tentunya wajib diganti dengan yang baru.

Faktanya memang dibandingkan dengan jenis lampu yang lainnya, maka produk lampu LED ini sendiri memang cenderung lebih tahan lama atau usia hidupnya lebih panjang. Hanya saja juga demikian, jika seandainya sudah mulai terasa gejala kerusakan pada lampu tentunya harus segera diganti dengan yang baru, seperti diantaranya adalah pada lampu HRV ini, tidak perlu khawatir karena di pasaran ada banyak sekali produk yang dapat Anda beli untuk menggantikan yang lama.

Pada dasarnya produk lampu pada kendaraan ini bisa tahan lebih lama jika seandainya Anda benar di dalam melakukan perawatannya, berikut diantaranya yang patut diketahui, yaitu:

  1. Perhatikan kondisi mika, pada dasarnya teknik perawatan lampu pada kendaraan sangatlah mudah, yaitu dengan memperhatikan kondisi mikanya, apakah masih bagus atau sudah terlihat tanda-tanda kerusakan, seperti diantaranya adalah mika yang retak. Untuk itu jika seandainya bagian mika tersebut sudah mulai mengalami kerusakan seperti diantaranya adalah retak, maka wajib menggantinya dengan yang baru, karena bahaya saat mika retak jika terkena cipratan air yang masuk kedalam lampu sangat beresiko menyebabkan arus pendek listrik dan konsleting.
  2. Cek seal batok lampu tersebut, selain dengan menjaga bagian mika agar tidak sampai retak. Maka hal lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan senantiasa mengecek sel batok lampu tersebut. Jangan sampai ada bagian lem yang terkelupas, sehingga memungkinkan nantinya ada air yang merembes masuk kedalam lampu tersebut. Jika seandainya ada air yang masuk, maka berpotensi besar menyebabkan terjadinya konsleting.
  3. Mengecek kondisi aki, nyala tidaknya lampu mobil sebenarnya memang bergantung pada supplay aki yang dijadikan sebagai bahan baku utama penyinaran lampu tersebut. Untuk menjaga tegangan arus listrik agar nantinya tetap stabil, maka pastikan aki selalu cukup terisi. Segera ganti dengan yang baru jika seandainya sudah habis. Ada baiknya juga menggunakan aki yang berkualitas, sehingga hasil yang diterima lebih optimal.
  4. Rutin di dalam membersihkan area rumah lampu tersebut, jangan sampai nantinya ada banyak debu yang menempel disana, termasuk diantaranya juga air. Mengingat hal ini bisa mengganggu nyala dari lampu tersebut.

Setidaknya itulah beberapa tips dalam merawat lampu HRV LED mobil Anda agar lebih tahan lama. Hanya saja memang pada dasarnya setiap produk lampu tetap memiliki batas maksimal usia hidup. Jika seandainya sudah dirasakan gejala kerusakan, tentu ada baiknya bagi Anda untuk mengganti dengan yang baru, sebelum nantinya ia bertambah parah.
 
Top